-

Jumat, 24 Maret 2017

Resensi Novel "Laura and Her London Adventure"

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Halo sobat semua, kali ini saya memposting tentang resensi novel berjudul "Laura and Her London Adventure". Semoga bermanfaat :)




Identitas Buku
Judul Buku                              : Laura and Her London Adventure
Penerbit                                  : PT Mizan Pustaka
Pengarang                               : Sabrina Putri Lofisa
Tahun Terbit                           : 2014
Harga Buku                             : Rp35.000
Cetakan                                   : I (Pertama)
Ukuran Buku                          : 20,5 cm x 13,5 cm
Tebal Buku                             : 156 halaman
Nomor ISBN                           : 978-602-242-599-1

Kata Pengantar
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah swt. yang telah memberikan saya berkah, karunia, dan waktu sehingga saya dapat menyelesaikan resensi buku novel ini. Resensi buku novel ini saya tulis untuk memenuhi nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia.
A.    Ringkasan
Buku novel yang berjudul “Laura and Her London Adventure” karya Sabrina Putri Lofisa ini, merupakan buku yang bercerita tentang petualangan seorang gadis di Kota London, Inggris. Gadis ini bernama Laura  Anabelle Mazer. Ia tinggal di Pittoresques, sebuah desa kecil di Prancis. Ibunya telah meninggal, ayahnya menghilang, jadi ia tinggal bersama bibinya yang memiliki sebuah peternakan. Ia hidup dengan kesederhanaan. Disamping itu, ia juga siswa yang berprestasi. Ia berhasil mendapatkan beasiswa di MGS (Michigan Girls School) London, Inggris. Semenjak itulah ia memulai petualangannya.
Saat Berada di pesawat menuju London, ia bertemu dengan seorang gadis yang baik, cantik, dan juga mendapatkan beasiswa di MGS. Gadis itu bernama Corrine. Laura  dan Corrine pun berkenalan. Akhirnya Laura sampai di London dan ia dijemput oleh bus sekolah tersebut. Ia diantar ke asrama. Laura dan Corrine sekamar dengan Seorang gadis dari Indonesia yang bernama Tere. Akhirnya, mereka bertiga semakin akrab. Laura memiliki bakat dalam menyanyi. Namun petualangan Laura tidak semulus yang dibayangkan. Naomi, gadis yang berasal dari Jepang merupakan ancaman bagi Laura, karena Naomi sangat iri dengan Laura yang unggul diatasnya.
Laura ditunjuk oleh gurunya untuk mengikuti kompetisi bernyanyi. Namun Naomi memiliki siasat jahat untuk menjatuhkan Laura yang akhirnya membuat Corrine memusuhi Laura. Disamping itu Laura pun terancam beasiswanya dicabut oleh pihak sekolah. Di London jugalah Laura bertemu dengan ayahnya yang merupakan seorang penyanyi terkenal. Ternyata ayahnya Laura juga ayahnya Corrine. Jadi laura dan Corrine merupakan Saudara tiri. Disamping itu Laura tetap berusaha  untuk mempertahankan beasiswanya. Sampai pada akhirnya semua kebusukan Naomi terbongkar dan diketahui oleh semua warga MGS. Ternyata Naomi adalah gadis yang memiliki gangguan jiwa  dan kabur dari Jepang. Corrine dan Laura pun kembali berbaikan. Dari kejadian tersebut Laura dapat mengambil pelajaran. Sampai pada akhirnya Laura mengikuti Kompetisi Bernyanyi, berduet dengan adik tirinya, Corrine dan berhasil menjadi Juara 2. Itu merupakan hasil yang membanggakan baginya dan semua usahanya tidak sia-sia.
B.    Tujuan
Saya menulis resensi ini untuk mempromosikan buku novel tersebut,  karena novel tersebut sangat banyak manfaatnya, terutama bagi para remaja. Buku ini bisa memberikan motivasi kepada remaja untuk berusaha keras dalam mencapai cita-cita.
C.    Kelebihan dan Kekurangan
Novel ini sangat memotivasi bagi remaja. Selain itu, novel ini memiliki sampul (cover) yang berwarna, desain isi yang menarik, disertai beberapa gambar yang memperjelas cerita sehingga membuat pembaca nyaman dan tidak bosan saat membacanya. Namun, bagi pembaca yang tidak bisa berbahasa inggris, mungkin agak sulit memahami beberapa dialog antartokoh dalam novel, karena memakai bahasa inggris.
D.    Kesimpulan

Novel sangat cocok dibaca oleh para remaja. Biasanya, novel-novel remaja saat ini banyak yang bertemakan percintaan. Namun, novel ini bertemakan perjuangan dan persahabatan sehingga dapat memotivasi para pembaca. Harga bukunya pun cukup terjangkau dan kita tidak bosan saat membacanya , karena desain buku yang menarik.
By : Thoriq Waldri

3 komentar:

  1. Tema novelnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih terima kasih, temanya tentang perjuangan anak muda untuk mencapai cita-citanya dan persahabatan jg

      Hapus